Telapak Kaki Sakit dan Cara Mengatasinya

Gangguan pada sistem gerak, mencakup rasa nyeri dan rasa sakit yang terasa sampai ke tulang, otot dan persendian. Kaki merupakan bagian tubuh yang dapat mengalami gangguan, termasuk telapak kaki sakit. Apa sebenarnya yang mejadi penyebab dari sakit pada telapak kaki tersebut serta bagaimana cara mengatasinya?

Rasa nyeri di area kaki perlu diwaspadai, karena bagian telapak kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang krusial dan memiliki peranan yang sangat penting. Pada bagian telapak kaki terdapat tendon terbesar yang ada di dalam tubuh manusia yaitu Corda Achilles dengan diselimuti otot dan serabut saraf yang sangat banyak jumlahnya.

Penyebab Telapak Kaki Sakit dan Nyeri

1. Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang cukup meyebabkan telapak sakit dan nyeri. Selain itu penumpukan Kristal asam urat pada sendi juga bisa membuat kaki bengkak, merah dan terasa hangat ketika disentuh karena peradangan.

2. Rheumatiod Arhtritis (Rematik)

Rematik adalah peradangan kronis yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda, termasuk telapak kaki. Radang sendi akibat rematik yang tidak diobati lama kelamaan bisa mengakibatkan pengikisan tulang serta kelainan bentuk sendi. Jika menyerag sendi kaki, maka kondisi ini akan menyebabkan sakit dan rasa nyeri pada telapak kaki.

3. Kolesterol yang Tinggi

Sakit atau rasa nyeri telapak kaki bisa menjadi pertanda kolesterol tinggi. Penumpukan plak yang terjadi di pembuluh darah pada kaki dapat menyebabkan rasa sakit pada telapak kaki.

4. Diabetes

Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap luka di telapak kaki. Luka pada kaki penderita diabetes biasanya berlangsung cukp lama. Dikarenakan kadar gula yang tinggi sehingga meyebabkan kerusakan saraf kaki. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit telapak kaki pada penderita diabetes.

5. Plantar Fasciitis

Plantar Fascia merupakan suatu jaringan ikat yang membentang di sepanjang bagian bawah kaki. Ketika jaringan tersebut robek, meregang ataupun rusak, hal tersebut menimbulkan peradangan yang menyebabkan timbulnya rasa sakit pada telapak kaki.

6. Bursitis

Bursitis adalah peradangan yang terjadi pada bursa yaitu kantong kecil yang berisi cairan yang melindungi tendon dan otot persendian Anda. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit pada telapak kaki yang disertai dengan pembengkakan pada kaki.

7. Neuropati Perifer

Neuropati perifer adalah gangguan yang terjadi saat sistem saraf perifer mengalami kerusakan. Dengan kondisi tersebut, menyebabkan penderitanya merasakan sakit dan nyeri pada telapak kaki atau bagian lain. Bahkan sampai mati rasa sehingga terasa lemah pada bagian tangan dan kaki.

8. Metatarsalgia

Metatarsalgia merupakan jenis peradangan yang menyakitkan. Dan biasanya terjadi pada telapak kaki. Kondisi ini terjadi sebagai akibat tekanan berulng pada metatarsal, yaitu tulang yang berada antara jari kaki dan lengkungan kaki. Hal ini ditandai dengan rasa sakit yang memburuk ketika Anda berdiri, berjalan atau saat melenturkan kaki.

Cara Mengatasi Telapak Kaki yang Sakit

1. Minum Obat Pereda Nyeri

Apabila Anda merasakan sakit pada kaki, Anda dapat meredakannya dengan meminum obat penghilang rasa sakit. Untuk aturan pakai Anda bisa melihatnya di masing-masing kemasan.

2. Berbaring dan Angkat Kaki

Duduk atau berbaringlah dengan kaki yang ditinggikan untuk membantu Anda mengurangi pembengkakan. Hindari penggunaan kaki secara berlebih, terutama pada aktivitas yang berdampak berat seperti jogging.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin bertujuan untuk mengurangi peradangan, mengurangi perdarahan ke dalam jaringan, dan mengurangi kejang otot serta nyeri. Anda bisa juga mengompres telapak kaki dengan es selama kurang lebih 15-20 menit beberapa kali dalam sehari sebagai alternatif.

Apabila setelah dilakukan perawatan dan rasa sakit pada kaki atau telapak kaki sakit tidak kunjung hilang, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter supaya diketahui penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat.